Thursday , October 19 2017
Home / Tentang Kami

Tentang Kami

DP

Muqodimah

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali Imron: 92)

“Barangsiapa menginfakkan infak yang berharga di jalan Allah, niscaya akan dilipat gandakan pahalanya 700 kali lipat. Adapun orang yang menginfakkan hartanya untuk keperluan dirinya sendiri dan keluarganya, atau menjenguk orang sangkit, atau menyingkirkan gangguan dari jalan, maka satu amal kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Shaum (puasa) adalah perisai selama pelakunya tidak “merobek”nya dan barangsiapa diuji oleh Allah dengan suatu penyakit pada anggota badannya niscaya penyakit itu menggugurkan dosa-dosanya.” (HR. Ahmad no. 1690 dan Abu Ya’la no.878. Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata: Sanadnya hasan)

Tidak sedikit kaum muslimin yang saat ini sedang menderita baik secara lahir maupun batin. Disisi lain tidak sedikit pula kaum muslimin yang kurang peduli dengan penderitaan saudaranya. Perbedaan wilayah dan kelompok seringkali menjadi kendala dalam keinginan untuk membantu muslim yang lain. Sehingga diperlukan suatu lembaga independen yang bisa menyuarakan penderitaan kaum muslimin sekaligus sebagai bagian penggalangan dana untuk memberikan perhatian sekaligus merngankan beban mereka.

Solidaritas Muslim lahir dari keprihatinan terhadap penderitaan dan kedzaliman yang dialami umat Islam. Sementara disisi lain belum banyak lembaga yang secara inten membantu meringankan penderitaan tersebut.

Berangkat dari persoalan ini, Solidaritas Muslim mengambil peran untuk membangun kesadaran umat Islam agar turut serta meringankan penderitaan kaum muslimin lainnya yang terkena musibah maupun terdhalimi.

Karena itu, dibutuhkan wujud nyata kaum muslimin untuk membantu saudaranya yang lain. Sebagai wujud kepedulian, jika bantuan yang terkumpul dari kaum muslimin untuk satu kasus dianggap cukup bahkan lebih, maka akan disalurkan terhadap kaum muslimin lainnya yang terkena musibah, begitu seterusnya.

Dengan semangat profesionalisme, Solidaritas Muslim menggalang berbagai elemen Islam untuk turut berpartisipasi membantu sesama muslim.

 Visi

Menjadi lembaga kemanusiaan yang peduli terhadap penderitaan kaum Muslimin

Misi

  1. Menjadi lembaga professional dalam pelayanan kepada kaum muslimin.
  2. Mengajak umat untuk berperan serta dalam membantu sesama muslim yang terdhalimi.
  3. Memberikan bantuan advokasi kepada kaum muslimin.
  4. Memberikan bantuan kepada keluarga muslim yang menjadi korban kedhaliman.

 Legalitas

Solidaritas Muslim berbentuk badan hukum dengan mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan SK MenkumHAM Nomor AHU-0009268.50.80.2014 Tanggal 18 November 2014