Satu Dusun di Banjarnegara ditimpa longsor puluhan orang meninggal ratusan lainnya hilang

tanggul-longsor-di-gajahmungkurBanjarnegara -solidaritasmuslim.com– Jum’at 12/12/2014 Sedikitnya 150 warga Kec. Karangkobar, Banjarnegara tertimpa runtuhan longsor yang terjadi sekitar jam 17.30 kemarin.

Menurut salah seorang saksi mata, Lisnurmayati, longsoran yang terjadi di Dusun Jemblung amat mengerikan. Betapa tidak, ia melihat gundukan besar tanah menghancurkan dan menimbun rumah-rumah warga.

Sementara itu, Kepala Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar,  Purwanto mengatakan bencana longsor tersebut terjadi di Dusun Jemblung RT 05 RW 01, yang dihuni sekitar 300 jiwa dari 53 keluarga. Menurut dia, pertolongan belum dapat dilakukan karena tanah terus bergerak dan kondisi gelap gulita. “Sebagian besar sudah menyelamatkan diri, yang lain belum diketahui,” ujar Purwanto.

Yang mengkhawatirkan, seperti dikatakan staf Bagian Humas Sekretariat Daerah Banjarnegara yang berada di lokasi bencana, Eko Budi Raharjo, longsoran itu menyumbat aliran sungai sehingga airnya terbendung. “Dikhawatirkan, sumbatan tersebut akan jebol. Padahal, di bagian bawah ada Desa Slatri dan Krakal,” katanya. Karena itu, tambahnya, penduduk Desa Slatri dan Krakal diungsikan agar terhindar dari kemungkinan jebolnya lumpur yang menyumbat sungai tersebut. Kepanikan pun bergemuruh.

Humas Basarnas SAR Semarang, Aris Triyono, juga mengakui upaya evakuasi terhadap korban tanah longsor itu terhambat buruknya cuaca. Selain hujan lebat yang masih turun, kondisi tanah di lokasi longsor juga masih labil serta masih terjadi longsor susulan. “Sementara tim Basarnas SAR Semarang yang sudah tiba di lokasi kami tarik,” kata Aris. Saat ini, tambahnya, kondisi listrik di lokasi mati sehingga kondisinya gelap gulita dan hujan masih turun dengan deras.

Posisi dusun yang tertimpa Longsor ini berada tepat di lereng perbukitan. Hingga malam ini tim SAR gabungan dari Banjarnegara dan Jateng terus melakukan evakuasi korban selamat,  meninggal, dan terluka.

Bantuan dan donasi untuk musibah #Longsor Banjarnegara bisa melalui rekening Solidaritas Muslim. Dengan menambahkan nominal 5.000 dibelakang nominal yang ditransfer, agar donasi tidak bercampur dengan program yang lain.

Rekening:

  1. BNI Syariah 0359696372
  2. BSM 7151120142

a.n. SOLIDARITAS MUSLIM

Konfirmasi transfer: 081227182211

Format konfirmasi: Nama_Bank_Nominal Donasi

Bagi pembaca yang menginginkan donasi untuk kasus yang saat ini masih ditangani oleh Solidaritas Muslim, silahkan menggunakan kode setiap transfer; 1.000 untuk Tia; 2.000 untuk Ponpes Darul Istiqomah; 3.000 untuk Farhan Mentawai; 4.000 untuk Sri Waljiyati; 5.000 untuk Longsor Banjarnegara. Kami ucapkan terima kasih, jazakumullah khairan atas partisipasi para donatur. [SM/dari berbagai sumber]

 

Bagikan Ke :

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or...

Building Financial Capability For Children

Duis sed odio sit amet nibh vulpuo ipsuy veli. Nam...

Leave your comment