Thursday , October 19 2017
Home / Artikel Islami / Jangan Biarkan Waktu Senggang Melalaikanmu

Jangan Biarkan Waktu Senggang Melalaikanmu

Jangan Biarkan Waktu Senggang Melalaikanmu

BERHENTINYA seorang mukmin dari beraktivitas adalah kelalaian. Kekosongan adalah musuh yang mematikan, dan kesenggangan adalah sebuah kemalasan. Dan, kebanyakan orang yang selalu gundah dan hidup dalam kecemasan adalah mereka yang terlalu banyak waktu senggangnya dan sedikit aktivitasnya. Adapun manfaat yang mereka dapatkan dari semua itu adalah hanya sekadar desas-desus dan omong kosong yang tak berguna.

Itulah keuntungan yang juga diraih oleh mereka yang tak pernah mengerjakan amalan yang bermakna dan berbuah pahala. Oleh sebab itu, hendaknya kamu senantiasa bergerak, bekerja, mencari, membaca, membaca al-Qur’an, bertasbih, menulis atau mengunjungi sahabat.

Gunakan waktu sebaik-baiknya, dan jangan biarkan ada satu menit pun yang terbuang sia-sia. Ingat, sehari saja Anda kosong tak bergerak, niscaya kegundahan, keresahan godaan dan bisikan setan akan mudah menyelinap dalam tubuh Anda. Dan bila sudah demikian, maka Anda akan menjadi lapangan permainan para setan.

Optimalkanlah nikmat waktu yang telah Allah anugrahi kepada kita dengan sebaik-baiknya. Karena setiap orang akan merugi dengan waktu kecuali mereka yang menggunakannya untuk kebaikan dan di jalan Allah.

Usahakan, hindari waktu-waktu senggang yang hanya kita isi dengan hal yang sia-sia. Karena waktu yang kita miliki saat ini adalah waktu-waktu terbaik untuk beramal dan berbuat baik. Sesungguhnya ketika kita telah meninggalkan dunia, kita akan menyesali setiap apa yang telah kita lakukan di dunia ini dengan sia-sia. []

Referensi: La Tahzan/ Karya: DR. Aidh Al-Qarni/Penerbit: Qisthi Press

About solimus

Check Also

Surat-surat Yang Biasa Dibaca Rasul Ketika Sholat

Solidaritasmuslim.com – Pernahkah terpikir kenapa ketika setiap kali rekaat pertama shalat shubuh imam shalat selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *